ASIP (ALTO Solution for Integrated Processing)


Latar Belakang ASIP

Saat ini ALTO masih menggunakan aplikasi switching system yang disebut dengan AFEP. AFEP (ALTO Front End Processing) adalah aplikasi switching system yang menjembatani antara ALTO dengan bank-bank. AFEP berbentuk sebuah server atau bisa dikatakan sebuah switching yang bertugas melakukan pertukaran message yang terjadi antara ALTO dengan pihak bank atau yang bersangkutan. Hampir semua produk ALTO menggunakan AFEP sebagai switching. Dengan adanya hal ituperlu adanya peralihan dari AFEP menjadi ASIP. Pada dasarnya ASIP dibentuk untuk menggantikan AFEP. ASIP mempunyai banyak kelebihan daripada AFEP. Fitur-Fitur tambahan yang ada dalam ASIP akan sangat membantu dalam membantu solusi dalam layanan perbankan.

 

Apa itu ASIP?

ALTO Solution Integrated For Processing atau disingkat menjadi ASIP, adalah solusi penyedia layanan perbankan secara lengkap. ASIP merupakan layanan terpadu yang dikembangkan oleh ALTO melalui sistem middleware yang ditujukan untuk institusi perbankan dan pendidikan.Layanan ASIP meliputi beberapa modular yang terintegrasi, saling berkaitan, dan komprehensif sehingga memudahkan transaksi finansial bagi customer.

 

Mengapa harus ada ASIP?

Tujuan utama dari pembangunan ASIP adalah untuk menyediakan layanan perbankan secara lengkap. Prospek ASIP sangat bagus karena memiliki konsep yang terarah dan sangat relevan untuk dikembangkan di masa teknologi sekarang ini. ASIP akan menjadi role business baru di dunia perbankan Indonesia. Apabila transaksi terus meningkat akan mempengaruhi profit perusahaan dan secara tidak langsung dapat mengedukasi klien dan masyarakat untuk bisa berkembang dan melakukan transaksi keuangan yang lebih mudah. ASIP memiliki fitur yang lebih kompleks daripada AFEP karena kita bisa memonitoring dan mengevaluasi serta mengenal detection fraud secara real time. ASIP juga mengenal risk management (alert warning) untuk mencegah transaksi yang tidak dikenal dan terlalu banyak. ASIP dirancang  untuk menyediakan semua produk perbankan dalam satu layanan.