E-commerce, Sambut Lebaran Dengan Praktis dan Nyaman


e-commerce-upload

 

Hari raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Ada banyak kebutuhan untuk menyambut hari raya umat Muslim sedunia. Sadar akan meningkatnya kebutuhan masyarakat, membuat peritel dan grosir baik makanan, pakaian maupun perlengkapan ibadah lainnya ikut bersaing dalam menyediakan kebutuhan tersebut. Persaingan tersebut terlihat dengan pemberian diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh manajemen toko. Tak mau kalah dengan persaingan tersebut, toko online juga turut meramaikan pilihan konsumen akan produk-produk pelengkap Hari Raya. Didukung dengan adanya dana tambahan dari bonus THR yang rutin diberikan perusahaan saat mendekati Lebaran, konsumen diberikan banyak pilihan untuk melakukan belanja lebaran baik online maupun langsung melalui toko.

 

Hal ini disambut baik oleh konsumen dalam menjatuhkan pilihan untuk melakukan belanja online. Beberapa kelebihan jika melakukan belanja online adalah praktis, nyaman dan hemat energi, apalagi belanja dilakukan saat berpuasa. Konsumen akan kebih mudah melakukan pilihan produk yang akan dibeli dengan hanya duduk di depan komputer yang terkoneksi dengan internet. Hal menarik lain dari kegiatan belanja online adalah kemudahan pembayaran pada setiap transaksi yang terjadi. Konsumen bisa melakukan dengan berbagai metode pembayaran yaitu transfer melalui internet banking, ATM, dan mobile banking.

 

Dunia perbankan juga turut mendukung kegiatan industri e-commerce tersebut dengan kemudahan transfer ke semua bank di seluruh Indonesia melalui jaringan ATM di Indonesia salah satunya ALTO. Dengan meningkatkan kegiatan transaksi belanja e-commerce, akan semakin mengedukasi konsumen untuk menjalankan gerakan non tunai yang digalakkan Bank Indonesia. Ada peluang bagi perusahaan yang akan mengembangkan sistem pembayaran melalui payment gateway untuk transaksi pembayaran belanja online melalui e-commerce. Konsumen akan berupaya mencari toko online yang menawarkan kemudahan dalam proses pembayaran.

 

Disamping kemudahan yang ditawarkan e-commerce dalam menyambut Lebaran ini, diharapkan konsumen dapat meningkatkan kewaspadaan saat melakukan kegiatan belanja online. Konsumen harus teliti dalam memilih toko online yang menawarkan beragam produk dengan diskon-diskon khusus. Pilihlah toko online yang terjamin keamanannya, karena banyak toko online yang meminta data nasabah seperti nomor rekening sebagai konfirmasi pembayaran. Oleh karena itu, kredibilitas toko online juga menjadi syarat mutlak bagi konsumen untuk memilih akan belanja online dimana. Selamat berbelanja!