Seminar Nasional ALTO dan BPR se-Jawa Timur “Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Daya Saing BPR”


Kebutuhan teknologi informasi semakin menyebar luas mengikuti perkembangan zaman. Tuntutan akan perkembangan tersebut meliputi semua bidang termasuk perbankan. Dunia perbankan diharapkan dapat mengalami kemajuan pesat karena berkaitan dengan kualitas pelayanan. Persaingan yang semakin ketat antar bank umum di Indonesia sudah dapat dibaca melalui perbaikan layanan dari setiap bank tersebut. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan salah satu jenis bank yang dikenal melayani golongan pengusaha  mikro, kecil, dan menengah. Dalam perkembangannya, BPR tetap tumbuh untuk melayani tuntutan kebutuhan masyarakat. Tentu saja banyak kendala-kendala yang dialami oleh BPR, misalnya dalam bidang teknologi. Hampir seluruh bank umum sudah mempunyai fasilitas Kartu ATM dan fasilitas penunjang lainnya seperti mobile banking, sementara itu belum banyak BPR di Indonesia yang mempunyai fasilitas-fasilitas tersebut. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), dari 1.643 BPR yang ada di Indonesia baru ada 11 BPR yang sudah memiliki ijin penerbit kartu ATM.

 

Seminar ALTO: Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Daya Saing BPR

 

PT ALTO Network sebagai perusahaan yang berkomitmen memberikan total banking solution ikut memberikan jawaban atas kebutuhan teknologi informasi bagi BPR dalam menghadapi persaingan dengan bank umum. Melalui seminar nasional yang bertemakan “Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Daya Saing BPR”, ALTO memperkenalkan salah satu produk yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi BPR dalam menghadapi persaingan teknologi dengan bank umum. Seminar Nasional yang diselenggarakan pada 20 Mei 2015 di Hotel Santika Premier Gubeng Surabaya. Acara  tersebut dihadiri sebanyak 62 peserta perwakilan BPR se-Jawa Timur. Pada sesi pertama diisi oleh Bapak Arya Damar selaku Direktur Utama PT.  Lintas Arta yang menyampaikan materi presentasi dengan  judul “ICT Trend in our Daily Life”. Pembicara kedua adalahBapak Akira Teshigawara, Direktur Utama PT. Abadi Tambah Mulia Indonesia memberikan materi “Japanese-Style Shared ATMs the Outlook for Southeast Asia”. Selanjutnya, diisi dengan materi “NCR Financial Solutions Innovations Updatedengan pembicaraBapak Husni Fuad, Country Manager NCR Indonesia. Pada sesi terakhir, diisi dengan presentasi dari PT. Baron Biondi William yaitu perusahaan yang bergerak dibidang software engineering, diwakili oleh Bapak Patricco Baron dengan judul presentasi “Tips dan Trik PPOB MPOS”. Perusahaan yang tergabung dalam acara seminar tersebut mendukung langkah ALTO untuk bersama-sama menjadi jembatan bagi kemajuan teknologi yang dimiliki BPR.

 

Seminar ALTO: Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Daya Saing BPR

 

Respon positif muncul dari peserta seminar, diharapkan BPR dapat mensejajarkan diri dengan bank umum terutama dalam pelayanan nasabah menggunakan teknologi perbankan yang semakin canggih. Nasabah BPR dapat memiliki fasilitas yang sama dengan nasabah bank umum sehingga memudahkan kegiatan bertransaksi. Dengan kemudahan yang diterima, nasabah BPR akan menilai bahwa pelayanan BPR sudah cukup untuk dijadikan pilihan selain bank umum. Kepuasan nasabah tersebut merupakan hasil dari kemajuan teknologi yang dicapai oleh BPR.

 

Seminar ALTO: Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Daya Saing BPR