Solusi ALTO, Menjadi Strategi Perkembangan Sistem Koperasi Indonesia


Solusi ALTO Menjadi Strategi Perkembangan Sistem Koperasi Indonesia

 

PT. ALTO Network sebagai salah satu perusahaan penyelenggara jejaring ATM di Indonesia menghadiri acara Temu Usaha Anggota Dewan Koperasi Indonesia Jakarta Timur pada hari Rabu, 31 Desember 2014 yang diadakan di Wisma Pencak Silat. Acara tersebut dihadiri oleh dewan koperasi Indonesia se-Jakarta Timur dengan mengusung tema Pengembangan Usaha Koperasi Melalui Simpanan Reksadana dan Peningkatan Pelayanan Simpan Pinjam dengan ATM untuk Anggota Koperasi.

 

Revolusi Sistem Koperasi oleh ALTO

Saat ini, koperasi secara umum masih menggunakan sistem manual. Pendataan yang masih  memanfaatkan tenaga kerja karyawan dapat mengganggu kinerja koperasi itu sendiri. Pelayanan yang seharusnya bisa lebih efektif, akan terhambat hanya karena karyawan melakukan pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan oleh mesin atau teknologi yang lebih canggih. Hal itulah yang melatarbelakangi ALTO untuk menjalin kerja sama dengan koperasi-koperasi yang ada di Indonesia sebagai fasilitator pergeseran sistem manual ke sistem high technology. Revolusi sistem yang diterapkan koperasi itu bertujuan untuk perbaikan layanan serta menekan biaya operasional yang harus ditanggung oleh koperasi.

 

Produk ALTO sebagai solusi

Dalam pertemuan tersebut, ALTO mengenalkan beberapa produknya yang diharapkan dapat memberikan solusi bagi koperasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Produk tersebut adalah ALTO Pay berupa virtual account dan aplikasi mobile yaitu ALTO Cash. Koperasi dapat memanfaatkan ALTO Pay sebagai media untuk melakukan transaksi pembayaran. Dalam hal ini, koperasi masih melakukan transaksi pembayaran secara manual yaitu memanfaatkan petugas di koperasi sehingga pelayanan berjalan secara lamban. Di sisi lain dengan banyaknya anggota akan membuat kualitas pelayanan menjadi tidak efektif dan efisien. Hal terpenting yang dinilai dari koperasi saat ini adalah pelayanannya yang cepat dan efisien sehingga memudahkan para anggota koperasi untuk melakukan transaksi.

 

Branding ALTO Cash

Koperasi juga dapat memanfaatkan produk ALTO berupa aplikasi mobile yaitu ALTO Cash. Aplikasi ALTO Cash yang dijalankan melalui Android dan Blackberry dapat menjadi alternatif media untuk menyimpan dana dalam bentuk mobile. ALTO Cash akan memudahkan anggota untuk melakukan aktivitas pembayaran, misalnya listrik, air maupun top up pulsa. Koperasi dapat melakukan branding untuk produk tersebut dengan nama koperasi pada aplikasi ALTO Cash. Branding produk tersebut dapat meningkatkan elektabilitas koperasi dimata anggota maupun masyarakat pada umumnya.

 

ATM branding logo koperasi

Keberadaan PT. ALTO Network sebagai perusahaan switching ATM dapat dimanfaatkan oleh koperasi-koperasi tersebut untuk melakukan kegiatan promosi dan membedakan dengan koperasi lain melalui penggunaan layanan ATM dari ALTO. ATM ini tidak hanya digunakan untuk penarikan tunai dan pembayaran, ATM bisa di branding dengan logo koperasi, sehingga masyarakat dapat mengenal koperasi melalui mesin ATM tersebut. Masyarakat akan berpikir dan menilai bahwa koperasi yang sudah memiliki mesin ATM, sudah mampu memberi layanan terbaik untuk anggotanya. Hal tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk bergabung menjadi anggota koperasi, dan meningkatkan loyalitas anggota koperasi yang sudah bergabung sejak lama.